Bisnis – Apa itu arti Bisnis sebenarnya ?


Posted on February 12, 2016 | by admin


Apa itu Bisnis

Kata Bisnis sering terdengar dalam keseharian kita,  Seperti yang  kita dengar ketika bertemu dengan seorang kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Lazimnya kita pasti berbasa-basi menanyakan kabar dan kondisinya sekarang.  Utamanya atau ujung-ujungnya pasti kondisi “keuangannya”, meskipun tidak secara langsung. Begitu pula yang saya lakukan dengan mengikuti tata pergaulan yang berlaku umum saat ini.  Kawan saya-pun menjawab bahwa saat ini Ia sudah tidak bekerja lagi tapi sedang  merintis suatu bisnis.

Dari ilustrasi diatas memperlihatkan bahwa saat ini semua orang sudah terbiasa menggunakan kata membangun bisnis daripada membangun usaha. Kenapa ? Jawabannya mungkin bisa bermacam-macam dari mulai karena terbiasa, sering mendengar kata tersebut, lebih keren, lebih modern, lebih global, atau mungkin supaya tidak ketinggalan jaman.

Baik, kita kembali ke permasalahan.

Apa itu Bisnis ?

Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, mengembangkan kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Sedangkan dalam kamus lengkap bahasa Inggris karangan Prof. Drs. S. Wojowasito dan W.J.S Poerwadarminta, business diterjemahkan menjadi : pekerjaan; perusahaan; perdagangan; atau urusan.

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau kegiatan usaha lainnya, untuk mendapatkan laba.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa bisnis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Merupakan kegiatan individu atau kelompok.
  • Terorganisasi (adanya manajemen).
  • Memproduksi barang atau jasa.
  • Menciptakan nilai.
  • Produksi dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Melakukan transaksi atau pertukaran
  • Mendapatkan laba (keuntungan) dari kegiatannya.

Dari ciri-ciri tersebut diatas, apakah yang dilakukan oleh kawan saya yang berjualan produk kesehatan, serta jasa perantara pembayaran listrik, telpon, pam dan lain-lain bisa dikatakan sebagai bisnis ?. Jelas ia memperlihatkan hampir semua ciri-ciri tersebut diatas. Namun bagaimana dengan ciri kedua, yaitu adanya manajemen. Terus terang saya lupa menanyakan hal ini kepada kawan saya karena saya kemudian asyik dengan peluang prospek “bisnis” tersebut di komplek perumahan.

Jadi bagaimana apakah sekarang Anda sudah mengerti?

Bagi yang belum mengerti, mari kita diskusikan, silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini.


Kategori : Memulai Bisnis Perencanaan Teknologi Tutorial